Tuesday, March 3, 2015

Pengenalan Diri



Nama lengkap saya adalah Erza Riani. Nama panggilan saya Echa. Saya lahir di Jakarta, 7 Agustus 1995 yang artinya tahun ini usia saya mencapai 20 tahun. Selama 20 tahun itu, saya tinggal di daerah Penggilingan, Cakung, Jakarta Timur. Ayah saya adalah pensiunan PT Pelabuhan Indonesia, sedangan ibu saya adalah seorang ibu rumah tangga. Saya anak ketiga dari tiga bersaudara. Saya memiliki perbedaan umur yang jauh dengan saudara-saudara kandung saya. Kakak pertama saya adalah laki-laki, bekerja di perusahaan travel, berumur 36 tahun, sudah menikah, dan memiliki 2 orang anak. Sedangkan kakak kedua saya adalah perempuan, bekerja di PT Summarecon Agung, berumur 34 tahun, sudah menikah, dan memiliki 2 orang anak. 

Saya pernah bersekolah di SD Kasih Ananda II pada tahun 2000 sampai dengan 2007. Setelah lulus dari SD Kasih Ananda II, saya mengenyam pendidikan menengah pertama di SMP Muhammadiyah 31, Rawamangun, pada tahun 2007-2010. Lulus dari SMP Muhammadiyah 31, saya melanjutkan ke sekolah menengah atas di SMA Negeri 103, Jakarta, pada tahun 2010-2013.  Setelah mengambil jurusan IPA pada tingkat 2 dan 3, saya lulus SMA dan kuliah di Universitas Gunadarma, Fakultas Teknologi Industri, Jurusan Teknik Industri pada tahun 2013 hingga saat ini. 

Saya pernah mengikuti perlombaan komputer antar SD pada tahun 2006 dan memperoleh juara 1. Kemudian saya diwakilkan kembali untuk mengikuti perlombaan komputer tingkat kecamatan dan memperoleh juara 4. Selama SD, saya aktif mengikuti ekstrakulikuler tarian tradisional dan pramuka. Pada kelas 4 sampai kelas 7 saya pernah mengikuti kursus bahasa Inggris National English Center (NEC) dan dinyatakan lulus pada tahun 2008

Selama SMP, saya aktif mengikuti ekstrakulikuler Karya Ilmiah Remaja (KIR) dan sempat menjabat sebagai sekertaris KIR pada tahun 2008 hingga 2009.

Selama di SMA, berbagai macam ekstrakulikuler pernah saya ikuti. Pada tahun pertama di SMA, saya aktif ikut ekstrakulikuler pramuka setiap hari sabtu, Rohani Islam (Rohis) setiap hari sabtu, dan Karya Ilmiah Remaja (KIR) setiap hari Rabu. Pada tahun kedua hingga tahun ketiga di SMA, saya memfokuskan diri untuk bergabung kedalam kelompok Karya Ilmiah Remaja (KIR). Saya pernah menjabat sebagai sekertaris KIR pada periode 2011-2012. Kemudian pada periode 2012-2013 saya menjabat sebagai bendahara KIR. 

Selama kuliah di Universitas Gunadarma, saya tidak pernah bergabung ke dalam ekstrakulikuler apapun. Sejak tahun 2014 hingga saat ini, saya aktif berorganisasi di Badan Eksekutif Mahasiswa, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Gunadarma. Jabatan saya dalam organisasi BEM FTI Gunadarma untuk periode 2014-2015 ini adalah anggota Bidang I, Divisi Penelitian dan Pengembangan (Litbang).

Saya memiliki minat yang berubah-ubah seiring dengan perngalaman saya. Semakin banyak pengalaman, maka semakin banyak hal-hal yang menjadi minat baru yang sesuai dengan kepribadian bagi saya. Sejak SD saya gemar membaca novel. Saya bercita-cita ingin menjadi seorang novelis ketika saya besar nanti. Ketika saya mulai pengambilan jurusan IPA di SMA, saya tertarik dengan pelajaran kimia dan bercita-cita ingin menjadi ahli kimia di masa depan. Namun saat sedang mencari pemilihan jurusan yang lebih spesifik untuk kuliah, saya melihat bahwa Teknik Industri merupakan jurusan yang unik. Perindustrian di zaman sekarang sudah semakin maju dalam berbagai bidang. Kapanpun dan dimanapun, kita selalu dikelilingi bahkan di fasilitasi oleh benda benda hasil proses produksi suatu industri. Benda hasil produksi tersebut pun harus terus disesuaikan dengan perkembangan zaman yang semakin maju. Saya beranggapan bahwa orang-orang yang bekerja dalam ruang lingkup perindustrian adalah orang yang unik, visioner, kreatif, dan terstruktur. Saya mulai mencari tahu tentang Teknik Industri dan mulai tertarik untuk mendalaminya. Setelah saya merasakan kuliah di jurusan teknik industri hingga semester 5 ini, saya mulai menemukan mata kuliah-mata kuliah yang semakin menarik minat saya untuk ikut berpartisipasi dalam perkembangan perindustrian. Oleh karena itu, kelak saya bercita-cita untuk bekerja dalam ruang lingkup industri, khususnya bagian sistem pengendalian manajemen.

Kelebihan yang saya miliki adalah saya adalah orang yang rajin, tekun, dan terorganisir. Saya berusaha menyelesaikan pekerjaan sebaik mungkin. Saya sering datang diawal waktu atau tepat dengan waktu perjanjian. Saya suka menemukan hal-hal baru yang belum pernah saya ketahui. Sebagai manusia biasa, saya pun memiliki beberapa kekurangan. Saya mudah jenuh terhadap suatu pekerjaan yang berulang-ulang, saya lemah dalam pelajaran fisika, saya sulit mengontrol emosi ketika saya sedang lelah, saya sulit terbuka dalam lingkungan baru.

Hingga saat ini, saya masih belum yakin apakah saya sudah berhasil membuat kedua orang tua saya bangga terhadap apa yang telah saya peroleh. Sejak kelas 1 SD hingga kelas 10 SMA, saya telah berusaha belajar giat dan mendapatkan peringkat 3 besar di kelas. Target saya untuk saat ini adalah berusaha belajar giat dan sungguh-sungguh untuk mendapat nilai yang terbaik selama kuliah dan lulus tepat waktu. Mungkin hingga saat ini saya belum bisa menjadi orang sukses yang dapat menjadi kebanggan bagi orang tua saya, yang saya hanya bisa lakukan saat ini adalah menjalankan amanah orang tua saya untuk belajar dengan giat agar apa yang telah orang tua saya perjuangkan dan keluarkan untuk membiayai pendidikan saya hingga saat ini tidaklah sia-sia.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...