Friday, November 13, 2015

Tugas Softskill Metodologi Penelitian



UNIVERSITAS GUNADARMA
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI

MEMPELAJARI KESEIMBANGAN LINTASAN PADA PROSES PENGEMASAN TEPUNG TERIGU DI PT.XYZ


Disusun Oleh:
                                                         Nama       :  Erza Riani
                                                         NPM       :  32413980
                                                         Kelas       :  3ID07
                                                         Jurusan   :  Teknik Industri




A.    Latar Belakang
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam ruang lingkup industri manufaktur semakin berkembang dengan pesat. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi ini mendorong suatu perusahaan untuk meningkatkan produksi yang jauh lebih baik dari segi kualitas maupun kuantitas produk dan dapat bersaing dengan perusahaan lain yang bergerak pada bidang yang sama. Peningkatan produksi oleh suatu perusahaan membutuhkan perencanaan yang baik dari sistem produksi yang diterapkan oleh perusahaan tersebut. Suatu perusahaan yang tidak memiliki perencanaan yang baik dalam sistem produksi akan berdampak pada banyak hal. Salah satunya adalah ketidakseimbangan waktu operasi dalam suatu stasiun kerja yang menyebabkan ketidakseimbangan dalam lintasan produksi terkait.
Ketidakseimbangan lintasan dapat dilihat dari adanya waktu menganggur dari beberapa pekerja, mesin, atau peralatan, adanya suatu stasiun kerja yang sibuk, dan penumpukan barang setengah jadi antara mesin satu dengan mesin yang lainnya sehingga menyebabkan balance delay. Lintasan produksi yang tidak seimbang akan menimbulkan masalah pada kapasitas produksi jika aliran proses produksi tidak dapat berjalan secara lancar sehingga terjadi penumpukan bahan baku pada proses pengemasan produk. Terjadinya penumpukan bahan ini dapat mengakibatkan timbulnya bottle neck yang akhirnya akan mengakibatkan terhambatnya proses produksi. Untuk mengatasi hal tersebut, dibutuhkanlah penerapan konsep penyeimbangan lintasan pada suatu sistem produksi perusahaan. Harapan dari penerapan konsep penyeimbangan lintasan adalah dengan lintasan yang seimbang pada tiap stasiun kerja, efisiensi produksi dari perusahaan tersebut dapat ditingkatkan.

B.     Tujuan Penelitian
Penulisan ilmiah ini memiliki beberapa tujuan untuk mendapatkan kesimpulan berdasarkan data-data yang telah diperoleh selama pengamatan pada proses pengemasan tepung terigu di PT XYZ.  Adapun tujuan dari penelitian ilmiah dalam proses pengemasan tepung terigu di PT XYZ ini adalah sebagai berikut:
1.      Untuk mempelajari keseimbangan lintasan pada proses pengemasan tepung terigu di PT XYZ.
2.   Untuk mempelajari efisiensi lintasan proses produksi dalam pengemasan produk tepung terigu di PT XYZ. 


Penelitian ini termasuk kedalam studi deskriptif karena penelitian ini mendeskripsikan fenomena yang terjadi dalam suatu proses produksi. Fenomena yang dijelaskan disini adalah hubungan sebab akibat dari waktu operasi per stasiun kerja terhadap keseimbangan lini pro

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...