Friday, December 6, 2013

Manfaat Coklat

    Coklat dihasilkan dari kakao yang diperkirakan mula-mula tumbuh di daerah Amazon utara sampai ke Amerika Tengah. Biji dari pohon kakao ini sendiri sangat pahit dan harus difermentasi agar rasanya dapat diperolah. Setelah dipanggang dan dibubukkan hasilnya adalah coklat atau kokoa. Kata coklat berasal dari xocoatl (bahasa suku Aztec) yang berarti minuman pahit. 

     Cortes kemudian membawanya ke Spanyol antara tahun 1502-1528, dan oleh orang-orang Spanyol minuman pahit tersebut dicampur gula sehingga rasanya lebih enak. Coklat kemudian menyebar ke Perancis, Belanda dan Inggris. Pada tahun 1765 didirikan pabrik coklat di Massachusetts, Amerika Serikat. 

Sumber gambar : Asal mula coklat


    Biji coklat mengandung lemak 31%, karbohidrat 14% dan protein 9%. Protein coklat kaya akan asam amino triptofan, fenilalanin, dan tyrosin. Meski coklat mengandung lemak tinggi namun relatif tidak mudah tengik karena coklat juga mengandung polifenol (6%) yang berfungsi sebagai antioksidan pencegah ketengikan. Coklat juga mengandung alkaloid-alkaloid seperti teobromin, fenetilamina, dan anandamida yang memiliki efek fisiologis untuk tubuh. Kandungan ini banyak dihubungkan dengan tingkat serotonin dalam otak. Dalam postingan kali ini, saya akan menjelaskan berbagai macam manfaat yang dapat kita peroleh dari coklat. 




Manfaat Coklat untuk Kesehatan


Sumber gambar : Jenis-Jenis Coklat

1. Mencegah Penyakit Jantung
Sebuah cokelat batangan dapat membantu Anda untuk mencegah penyakit jantung karena mengandung beberapa bahan kimia yang membuat sistem kardiovaskular Anda berjalan lancar. Dark chocolate dapat mengurangi risiko serangan jantung dengan prosentase hampir 50% dan penyakit koroner sebesar 10%. Jadi bukan sebuah masalah mengkonsumsi sebuah bar atau sepotong cokelat sehari-hari!
2. Menurunkan Tekanan Darah
Coklat mengandung flavonoid yang merupakan antioksidan. Antioksidan ini membantu menurunkan tekanan darah Anda dengan memproduksi oksida nitrat. Hal ini juga menyeimbangkan hormon dalam tubuh Anda.
3. Menurunkan Kolesterol
Mengonsumsi coklat juga membantu Anda dalam menurunkan kolesterol jahat alias LDL. Disamping menurunkan LDL cokalt juga meningkatkan kolesterol baik atau HDL.


Sumber gambar : Manfaat coklat


4. Anti Depresan
Coklat juga dianggap sebagai salah satu makanan yang dapat mengusir stres. Menurut penelitian dari Universitas California, Sandiego, orang yang mengalami  stres, mulai dari tingkat stres ringan hingga tingkat depresi, mengaku mengonsumsi coklat saat suasana hati mereka sedang bad moodTernyat coklat juga mengandung molekul psikoaktif yang membuat pengonsumsi cokelat merasa nyaman. Beberapa kandungan cokelat seperti caffeine, theobromine, methyl-xanthine, dan phenylethylalanine dipercaya dapat memperbaiki mood, mengurangi kelelahan sehingga bisa digunakan sebagai obat anti-depresi.
5. Kandungan Lemak Rendah
Cocoa powder yang merupakan bahan utama dalam coklat rendah lemak. Jadi Anda tak perlu khawatir dalam mengkonsumsi coklat dalam masalah berat badan. Namun hal ini bisa berubah ketika Anda mengkonsumsi dengan jumlah yang besar.
6. Meningkatkan Sirkulasi Darah
Flavonoid, seperti yang disebutkan sebelumnya, hadir dalam cokelat dan mereka juga membantu dalam meningkatkan sirkulasi darah selama 2-3 jam setelah Anda mengkonsumsinya. Dengan melebarkan pembuluh darah di otak, flavonoid meningkatkan aliran darah.

Sumber gambar : Coklat Cair



7. Menghindari Kelelahan Kronis
Kelelahan kronis merupakan ancaman bagi kesehatan dan kebahagiaan seseorang. Penyakit ini menyebakan sakit kepala, tubuh nyeri, jantung dan masalah pernapasan. Tapi makan sekitar 50 gram sehari-hari coklat membantu untuk menghindari sindrom kelelahan kronis. Jika seseorang sudah menderita sindrom ini, cokelat membantu dalam memeranginya juga.
8. Meningkatkan Kesehatan Mata.
Dengan mengonsumsi coklat maka kita bisa mendapatkan manfaat meningkatnya kesehatan mata kita. Hal ini dikarenakan aliran darah yang menuju ke retina meningkat dengan baik dan dapat membantu memperbaiki penglihatan dan kekuatan mata kita.
9. Mengurangi Risiko Kanker.
Kakao, atau coklat, mengandung antioksidan yang menghentikan pertumbuhan kanker, dengan menyebabkan protein tertentu dalam tubuh untuk menonaktifkan bagian-bagian yang menghasilkan sel-sel tumor. 
10. Meningkatkan Produksi Insulin Alami.
Dengan mengonsumsi coklat, maka kita sama saja dengan meningkatkan produksi insulin secara alami. Hal ini juga membantu menurunkan resiko terkena diabetes lho. Dengan mengonsumsi coklat kita juga mebdapatkan energy tambahan untuk beraktifitas kembali.

Khasiat Coklat untuk Kecantikan

Sumber gambar : Coklat untuk kecantikan


1. Scrub 

Anda bisa menggunakan coklat bubuk dengan susu serta yoghurt untuk membuat scrub. Scrub ini bisa membersihkan dan mencerahkan kulit dan mengganti sel kulit mati. Bubuk cokelat juga bisa dilelehkan sebelumnya atau saat dicampur dengan susu. Aplikasikan scrub cokelat ini pada wajah dan leher yang basah. Oleskan scrub searah jarum jam atau berlawanan selama 10 menit. Lalu diamkan cukup dalam 5 menit dan basuh dengan air dingin. 


2. Anti-ageing 

Ternyata cokelat juga bermanfaat untuk melawan penuaan kulit. Dark chocolate mengandung flavonoid yang meningkatkan elastisitas kulit dan mencegah penuaan. Lelehkan cokelat dalam susu lalu pijatkan pada kulit. Lakukan dua atau tiga kali dalam seminggu untuk mencegah munculnya garis-garis halus.


3. Pencerah kulit

Sumber gambar : Masker Coklat

Manfaat cokelat bagi kecantikan yang paling dikenal yaitu untuk facial karena dapat mencerahkan kulit. Anda bisa mencampurkan cokelat bubuk dengan susu, madu, dan oatmeal. Aplikasikan pada wajah dan leher. Lalu diamkan selama 15-20 menit. Basuh dengan air dingin untuk dapatkan kulit yang segar, bersih, dan cerah dalam beberapa minggu.


4. Detoksifikasi kulit

Cokelat bubuk saat dicampurkan dengan kafein akan menjadi produk kecantikan terbaik untuk detoksifikasi kulit. Pijat kulit dengan campuran cokelat dan kafein itu untuk membersihkan kulit yang berminyak dan kusam.



5. Penggelapan kulit 

Kerusakan kulit sering kali terjadi akibat terpaan sinar matahari. Lindungi kulit dari sinar UV dengan mengaplikasikan cokelat. Komposisi kecantikan ini mengandung flavonoid dan antioksidan yang melembutkan dan mencegah penggelapan kulit.



Khasiat Coklat Hitam


Sumber gambar : Dark Chocolate



1. Melembabkan kulit 

Zat besi, kalsium, dan vitamin A, B1, C, D, dan E adalah beberapa nutrisi yang bisa ditemukan dalam coklat hitam. Rajin menggunakan masker coklat hitam pun mampu membuat kulit lebih lembab karena sel-sel kulit mati cepat terangkat.

2. Sinar UV matahari

Kandungan flavonoid dalam cokelat hitam sudah terbukti ampuh meredakan kulit terbakar akibat sinar matahari. Selain dijadikan masker, cokelat hitam juga memberikan khasiat yang serupa saat dinikmati.



3. Keriput dan garis halus

Kenikmatan yang dirasakan ketika makan cokelat hitam tentu menurunkan stres seseorang. Hormon cortisol penyebab stres pun ikut menurun, sehingga semakin sedikit kolagen yang rusak dan kecantikan kulit tetap terjaga. Kulit juga akan terhindar dari keriput dan garis halus.



4. Rambut indah

Selain untuk kulit, cokelat hitam memberikan manfaat cantik pada rambut. Gunakan cokelat hitam sebagai masker untuk mendapatkan rambut yang halus, lembut, dan bersinar.



5. Menyuburkan rambut

Kandungan tembaga, seng, dan zat besi adalah beberapa mineral dalam cokelat hitam yang juga merangsang pertumbuhan rambut. Jadi makan cokelat hitam setiap hari secara tak langsung akan melancarkan peredaran darah ke kulit kepala.


Sumber : 

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...