Thursday, December 5, 2013

Manfaat Embun

    Embun terbentuk ketika udara yang berada di dekat permukaan tanah menjadi dingin mendekati titik dimana udara tidak dapat lagi menahan semua uap air. Kelebihan uap air itu kemudian berubah menjadi embun di atas benda-benda di dekat tanah. 

   Sepanjang hari benda-benda menyerap panas dari matahari. Sedangkan di malam hari benda-benda kehilangan panas tersebut melalui suatu proses yang disebut radiasi termal. Ketika benda-benda di dekat tanah menjadi dingin, suhu udara disekitarnya juga menjadi berkurang. Udara yang lebih dingin tidak dapat menahan uap air sebanyak udara yang lebih hangat. Jika suhu udara bertambah semakin dingin, maka akhirnya akan mencapai titik embun. Titik embun adalah suhu dimana udara masih sanggup menahan uap air sebanyak mungkin. Bila suhu udara semakin bertambah dingin, sebagian uap air akan mengembun di atas permukaan benda yang terdekat.

Sumber gambar : Embun pagi


Ternyata embun dapat bermanfaat bagi manusia. Berikut ini adalah manfaat dari embun

Menyegarkan Tubuh
   Sebagaimana air biasanya, tentu saja air embun akan memberikan perasaan segar pada tubuh Anda. Namun selain itu, air embun bisa menyejukkan bagian dalam tubuh Misalnya Anda baru saja begadang hingga subuh, setidaknya dengan minum air yang diembunkan, pikiran Anda bisa lebih segar.

Melancarkan BAB
    Air yang diembunkan memiliki manfaat untuk membersihkan usus sehingga biasanya bagi beberapa orang, setelah minum air ini akan mudah merasa mulas ingin buang air besar. Namun tidak berbahaya, hanya butuh adaptasi saja.

Sumber gambar : Embun

Mengatasi Masalah Kulit
    Selain bisa diminum, air yang diembunkan bisa digunakan untuk mengatasi masalah kulit seperti jerawat dan kulit berminyak. Karena air embun memiliki kadar oksigen yang lebih tinggi sehingga baik bagi kesehatan kulit.

Menenangkan Diri
    Dengan minum air embun, Anda bisa membuat diri Anda lebih tenang. Karena khasiat air embun yang baik bagi tubuh, Anda pun jadi lebih sehat dan merasa lebih baik.

Membuat Kita Lebih Semangat Minum Air Putih 
   Air embun membuat kita lebih senang minum air putih, Karena rasanya lebih segar dan dingin. Minum banyak air putih diperlukan untuk mengurangi racun dan zat yang tak diperlukan dalam tubuh. Ada banyak manfaat lainnya dari air embun. Bila Anda ingin membuat air embun sendiri, Letakkan air dalam jar atau kendi, biarkan di udara terbuka. Pastikan tak terkena debu, polusi atau air hujan agar tetap murni.

Sumber gambar : Embun

      Air biasa hanya mengandung oksigen sebanyak 6 ppm, Sementara embun mengandung oksigen dengan kadar 14-16 ppm. Dengan mengonsumsi air embun, maka tubuh akan berfungsi 20-30% lebih efisien dibandingkan mereka yang tidak menkonsumsi. Air embun membuat sel-sel tubuh sehat serta mampu membuang racun dalam tubuh, meningkatkan daya tahan tubuh terutama dari serangan virus penyakit. Air embun juga dipercaya mampu menyembuhkan penyakit ginjal.

     Hasil riset inilah yang kemudian membedakan air embun dengan air minum dalam kemasan. Air embun pun didaftarkan sebagai minuman fungsional. Air embun diklaim berkhasiat karena bebas dari mineral anorganik seperti natrium atau garam klorida, bebas logam berat seperti timbal dan merkuri dan bebas kontaminasi seperti pestisida. Seperti dikutip dari healthy eating, sangat penting untuk menjaga cairan dalam tubuh setiap harinya dan air murni alias tanpa tambahan bahan kimia atau gula adalah yang terbaik.


Sumber : 

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...