Friday, October 7, 2016

3 Usaha Pembangunan Bisnis



3 GAGASAN USAHA PEMBANGUNAN BISNIS
(Disusun oleh : Audrey Anindya Gitarani, Erza Riani dan Ferry Sandi)

1.   Usaha Steam Kendaraan
Teknologi pada zaman sekarang semakin berkembang dengan cepat. Teknologi hadir sebagai alat yang membantu manusia untuk menunjang pekerjaannya agar lebih mudah dan cepat. Salah satu teknologi yang menunjang pekerjaan manusia agar lebih mudah dan cepat adalah kendaraan. Semakin bertambahnya penduduk menyebabkan perkembangan jumlah kendaraan bermotor dari tahun ke tahun meningkat secara signifikan. Fenomena tersebut disebabkan oleh masyarakat yang lebih nyaman menggunakan kendaraan pribadi dibandingkan dengan menggunakan kendaraan umum untuk berpergian, sehingga kebutuhan akan kendaraan pribadi pun meningkat. Hal ini dapat dilihat dari bertambahnya  jumlah kendaraan yang terjual setiap tahunnya.
Rutinitas yang padat menjadikan sebagian besar masyarakat tidak memiliki waktu yang cukup untuk membersihkan kendaraannya. Selain itu banyak dari masyarakat memiliki fasilitas dirumah yang terbatas untuk membersihkan kendaraan mereka. Meningkatnya kebutuhan akan kendaraan pribadi, sedikitnya waktu untuk membersihkan kendaraan pribadi, dan terbatasnya fasilitas untuk membersihkan kendaraan inilah yang menjadi latar belakang berdirinya jasa cuci steam mobil dan motor. Berikut ini adalah rincian penjelasan terkait pembangunan usaha jasa steam kendaraan:

Potensi Pasar
Bisnis steam kendaraan ini tidak mengenal musim. Di musim hujan, kendaraan cepat kotor akibat lumpur dan kubangan air. Kendaraan memerlukan perawatan dan pencucian setelah terkena air hujan karena kotoran yang melekat pada bodi dan rangka kendaraan akan menyebabkan karat jika tidak segera dibersihkan. Demikian juga pada musim kemarau, kendaraan tetap memerlukan prawatan dan pencucian dari kotoran dan debu yang menempel demi menjaga performa kendaraan tetap prima dan terawat. Bahkan pada momen-momen tertentu seperti liburan hari raya, libur sekolah, dan long weekend  omzet bisnis cuci kendaraan semakin meningkat karena hampir tiap orang merencanakan keluar rumah untuk mengunjungi rekan, keluarga, atau rekreasi dengan kendaraan yang bersih.
Bahan Baku
Untuk mempermudah perhitungan pengeluaran material yang digunakan dalam usaha steam, material yang dibutuhkan digolongkan kedalam dua jenis, yaitu material yang cepat habis dan material yang tidak cepat habis. Golongan material yang cepat habis terdiri dari beberapa bahan yang akan habis dalam jangka waktu pendek dan harus dibeli kembali seiring dengan banyaknya pemakaian yang digunakan saat mencuci kendaraan. Material yang tergolong cepat habis adalah sebagai berikut:
a.       Listrik juga merupakan material utama. Selain untuk menyalakan pompa air, listrik mendukung untuk penerangan pada steam, menyalakan TV dan AC pada ruang tunggu.
b.      Sabun cream berguna untuk membantu membersihkan kendaraan dari kotoran yang susah dihilangkan oleh air.
c.       Sabun untuk foam dan snow berfungsi untuk membersihkan kendaraan dari kotoran yang susah dibersihkan sekaligus memberi aroma segar pada kendaraan Anda.
d.      Semir ban berfungsi untuk membuat ban mengkilap setelah kendaraan selesai dicuci.
e.       Kertas Koran berfungsi sebagai pelapis dari keset mobil setelah selesai di vacuum agar keset tetap bersih saat pengemudi kembali menggunakan mobil setelah di steam. Selain itu kertas koran juga berfungsi untuk bahan bacaan yang ada di ruang tunggu.
f.       Minuman dan snack merupakan tambahan yang dijual oleh steam kepada pelanggan selama menunggu kendaraannya di cuci.

Sedangkan material yang tidak cepat habis adalah material yang akan habis dalam jangka waktu lama walaupun seringnya pemakaian untuk kegiatan pencucian kendaraan. Berikut ini adalah material yang tergolong matrial yang tidak cepat habis:
a.      Tangki air berfungsi untuk menampung air.
b.     Sikat ukuran sedang biasa digunakan untuk membersihkan kotoran pada ban kendaraan.
c.     Sikat gigi berfungsi untuk membersihkan kotoran yang ada di selah-selah bagian kendaraan yang sulit untuk dijangkau.
d.    Ember berfungsi untuk menampung air sabun selama proses pembersihan kotoran pada kendaraan.
e.     Sponge berguna untuk membantu membasuh bagian-bagian kendaraan yang akan dicuci dengan air sabun.
f.      Kuas ukuran sedang berfungsi sebagai alat untuk menyapukan semir ban pada ban kendaraan.
g.     Kain lap basah berfungsi untuk mengelap body kendaraan setalah dibilas dari sisa sisa sabun agar kendaran menjadi lebih lebih bersih, selain itu kain lap ini berfungsi untuk membersihkan bagian bagasi motor atau dashboard mobil.
h.     Kain lap kering berfungsi untuk mengelap sisa sisa air yang masih tertinggal pada kendaraan.
i.       Sepatu boot karet berfungsi sebagai alas kaki dari pekerja cuci kendaraan untuk melindungi kaki dari penyakit kulit menular seperti jamur dan kutu air.
j.       Sarung tangan berfungsi sebagai pelindung tangan pekerja cuci kendaraan agar tidak terkena kontak langsung dengan air sabun untuk menghindari penyakit kulit seperti kutu air dan jamur.
k.     Lampu berfungsi untuk penerangan pada tempat steam.
l.       Kursi merupakan material tambahan pada usaha steam ini. Fungsinya adalah sebagai tempat duduk para pelanggan steam yang sedang menunggu kendaraannya selesai dicuci.
m.   Laptop berfungsi sebagai alat yang digunakan oleh kasir untuk menginput data tiap harinya. Mulai dari data pelanggan masuk dan keluar steam, nama pekerja tiap mengerjakan kendaraan pelanggan, serta data keuangan pemasukan dan pengeluaran steam  secara rinci.
n.     Meja yang dibutuhkan sebanyak 2 buah, yaitu meja pada ruang kasir untuk meletakkan laptop dan meja pada ruang tunggu yang berfungsi untuk meletakkan koran, remote tv, dan sebagainya.
o.     Kipas merupakan material tambahan yang disediakan agar pengunjung dapat menunggu dengan nyaman pada ruang tunggu steam.
p.     TV merupakan material tambahan sebagai hiburan di ruang tunggu saat
pelanggan yang sedang menunggu kendaraannya selesai dikerjakan.
Tenaga Penggerak
Tenaga penggerak untuk menjalankan jasa steam mobil dan motor terbagi kedalam dua jenis. Kendaraan dicuci oleh tenaga mesin cuci kendaraan otomatis atau kendaraan dicuci oleh tenaga pekerja atau manusia. Dalam hal ini, kami memilih tenaga manusia sebagai tenaga penggerak untuk menjalankan jasa steam mobil dan motor. Alasan mengapa kami memilih tenaga manusia sebagai tenaga penggerak karena teknologi yang semakin berkembang dan memudahkan pekerjaan manusia berdampak pada pergeseran posisi dalam pekerjaan manusia itu sendiri dalam bidang-bidang tertentu. Seperti contohnya petugas pemberi kartu tol yang kini perannya sudah digantikan oleh mesin kartu otomatis. Pergeseran posisi pekerjaan oleh teknologi ini menyebabkan banyaknya masyarakat yang kurang memiliki keterampilan terpaksa harus menganggur. Hal seperti itulah yang menjadi alasan kami memilih tenaga manusia sebagai tenaga penggerak usaha kami, yaitu untuk membantu masyarakat yang menganggur untuk dapat memiliki pekerjaan. Pekerja steam ini juga tidak dituntut untuk memiliki suatu keterampilan khusus. Cukup dengan sedikit pelatihan mengenai cara membersihkan kendaraan yang benar, kita dapat langsung mempekerjakan mereka. Selain untuk membantu masyarakat menganggur untuk mendapatkan pekerjaan, biaya perawatan untuk pekerja manusia tergolong lebih murah dibanding dengan biaya perawatan untuk mesin cuci kendaraan otomatis.
Kebijakan Lingkungan
Salah satu dampak negatif dari kemajuan ilmu dan teknologi yang tidak dikelola dengan benar adalah terjadinya kerusakan lingkungan. Dalam usaha kami ini, bentuk kerusakan lingkungan yang akan timbul adalah pencemaran air oleh limbah sabun. Sabun adalah senyawa garam dari asam-asam lemak tinggi, seperti natrium stearat, C17H35COO-Na+. Aksi pencucian dari sabun banyak dihasilkan dari kekuatan pengemulsian dan kemampuan menurunkan tegangan permukaan dari air. Saat sabun masuk ke dalam buangan air atau suatu sistem akuatik biasanya langsung terendap sebagai garam-garam kalsium dan magnesium, oleh karena itu beberapa pengaruh dari sabun dalam larutan mungkin dapat dihilangkan. Akhirnya dengan biodegridasi, sabun secara sempurna dapat dihilangkan dari lingkungan. Oleh kerena itu terlepas dari pembentukan buih yang tidak enak dipandang, sabun tidak menyebabkan pencemaran yang penting. Sabun ini berbeda dengan detergen karena detergen tidak dapat diuraikan oleh organisme lain kecuali oleh ganggang hijau sehingga bagian yang tersisa, yang tidak dapat di uraikan oleh ganggang hijau ini akan menimbulkan pencemaran air. 
Salah satu cara untuk dapat mengelola limbah bekas cucian adalah dengan mengalirkan limbah melalui saluran ke sebuah lubang resapan. Caranya adalah buat lubang di luar tempat cucian dengan lebar, panjang dan tinggi 1 m atau disesuaikan dengan tempat dan kebutuhan. Di buat saluran dari batu bata, pasir, dan semen. Kalau saluran terbuka bisa ditutup dengan bambu, kayu atau seng. Bak resapan diisi dengan pasir, kerikil, batu kali. Akan lebih baik kalau bak resapan ditutup dengan kayu atau bambu atau cor-coran pasir dan semen. Kemudian  diberi saluran udara dari paralon.

Analisa SWOT
Setiap pembangunan bisnis memiliki kelebihan, kekurangan, peluang maupun ancaman masing-masing. Hal ini perlu diidentifikasi serta dianalisis untuk meningkatkan kelebihan maupun menutup kekurangan yang dimiliki dengan menggunakan analisa SWOT. Berikut ini adalah analisa SWOT dari usaha jasa steam kendaraan.
Strength
Agar usaha steam kendaraan diminati oleh banyak orang, strategi yang perlu diatur pertama kali adalah persaingan harga, kualitas dari pelayanan, serta kelengkapan fasilitas. Pencapaian ini memerlukan modal awal yang cukup besar dan strategi yang bagus. Peran kami sebagai industrial engineer  merupakan salah satu kelebihan yang dimiliki untuk membangun usaha ini agar lebih baik dibanding pesaing lainnya. Ilmu yang kami dapati dari jurusan teknik industri akan diterapkan untuk pembangunan bisnis ini, seperti ilmu mengenai analisis kelayakan usaha atau ilmu ekonomi teknik. Kami juga akan melakukan pencarian sponsor-sponsor terkait kendaraan bermotor untuk tambahan modal dalam pembangunan usaha ini.
Weakness
Perkembangan usaha steam sudah menjamur diberbagai tempat, sehingga menyebabkan peluang untuk menguasai pangsa pasar menjadi lebih sedikit. Hal ini dapat ditutupi dengan memabangun tempat usaha steam kendaraan lebih bagus dan lengkap fasilitasnya dibanding tempat lain, namun tetap memberikan harga yang bersaing dengan tempat steam lain.
Opportunity
Jasa steam kendaraan memiliki peluang bisnis yang bagus karena hampir setiap orang memiliki kendaraan bermotor dan terkadang sulit menyediakan waktu ditengah rutinitas kesibukan mereka untuk mencuci kendaraannya sendiri. Usaha ini juga tidak kenal musim, karena baik musim hujan maupun kemarau, kendaraan yang digunakan pasti akan kotor. Oleh karena itu, jasa steam hadir untuk membantu masyarakat dalam mencuci kendaraan mereka agar siap dipakai kembali dalam keadaan bersih.
Threat
Ancaman yang akan diterima oleh pembangunan usaha ini adalah usaha steam lain yang meniru dari bisnis yang kami dijalankan serta menawarkan harga yang lebih murah. Ancaman ini dapat ditutupi dengan terus menjaga kualitas pelayanan yang diberikan oleh steam kami, seperti fasilitas yang nyaman dan bersih, mengadakan promo-promo tertentu dan mengadakan survey kepada pelanggan secara langsung saat pelanggan menunggu kendaraannya dicuci terkait hal yang perlu diperbaiki dan apa yang mereka butuhkan terkait bisnis kami. Hal ini bertujuan untuk memberikan rasa jaminan kepercayaan dan loyalitas bagi pelanggan, sehingga pelanggan akan tetap memilih steam kami dibanding pesaing lain.

2.   Industri Media
Media kini bukan hanya sebagai prasarana sosial untuk mengekspos kebenaran ataupun hal yang semestinya diekspos. Namun kini media sudah jauh berkembang layaknya sebuah industri yang bisa menguntungkan. Meski sudah menjadi industri, namun bukan berarti meninggalkan fungsi media sendiri sebagai sarana vital penentu segala kebijakan publik. Hal ini dikarenakan media merupakan satu dari empat pilar demokrasi selain eksekutif, legislatif dan yudikatif. Sisi positif dan negatif dari industri media bisa dilihat dari pertimbangan berikut:
Potensi Pasar
Berita akan selalu dibutuhkan orang, terutama ketika pergolakan politik semakin terlihat semisal Pemilu. Hal ini dikarenakan masyarakat butuh pencerahan akan situasi yang terjadi di masyarakat. Semua orang membutuhkan.
Bahan Baku
Bahan baku dalam media lebih ke brainstorming karena rapat redaksi akan rutin dilakukan seminggu sekali, belum termasuk rapat dadakan untuk membahas isu-isu strategis yang berkembang di masyarakat.
Teknologi
Beragam peralatan yang mendukung proses peliputan berita hingga naik menjadi berita yang dikonsumsi masyarakat, diantaranya Kamera profesional/DSLR, Laptop, recording dan lain-lain
Tenaga Kerja
SDM yang berkualitas, dalam hal ini Jurnalis yang siap ditempa untuk melakukan serangkaian proses peliputan berita.
Kebijakan Pemerintah
Melalui Undang-undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers, Indonesia sudah menerapkan aturan bahwa Pers memiliki kebebasan dalam bertugas tanpa kekangan ataupun gangguan dari pihak manapun. Bahkan di Amerika Serikat disebutkan bahwa profesi Jurnalis adalah satu-satunya profesi yang disebutkan dalam konstitusinya.

Analisa SWOT
Setiap bisnis memiliki kelebihan, kekurangan, peluang maupun ancaman masing-masing, karenanya perlu diidentifikasi serta dianalisis hal tersebut untuk meningkatkan kelebihan maupun menutup kekurangan yang dimiliki. Berikut analisis SWOT dari industri Media.
Strengths
Media memiliki kekuatan yang ditakuti oleh siapapun termasuk oleh pejabat dan presiden sekalipun. Karakter orang bisa diangkat maupun dijatuhkan oleh media, karenanya media memiliki kekuatan yang sangat besar terutama dalam hal memobilisasi massa.
Weekness
Media kini sudah identik dengan kepentingan, karenanya pemberitaan yang akan naik perlu filter untuk mengantisipasi branding media kita akan keberpihakan tertentu. Sekali media tersebut dicap akan keberpihakan, maka akan sulit untuk menghapus stigma tersebut.
Oportunities
Media memiliki segmen yang sangat luas dalam pasarnya. Setiap orang membutuhkan asupan berita setiap harinya, bahkan bukan hanya waktu prime time saja orang mengkonsumsi berita, namun juga ketika waktu senggang. Inilah peluang untuk bisa masuk dalam industri media
Threats
Industri media berlangsung sangat keras, bukan berarti dalam hal fisik namun dalam isu yang dibentuk. Akan banyak pihak ketiga yang membuat isu tidak bertanggung jawab akan stigma buruk media yang kita miliki. Karenanya perlu filter kuat dalam penayangan konten berita untuk menghindari lahirnya stigma buruk


3.   Usaha Pulsa
      Semakin bertambah majunya dunia komunikasi, semakin memudahkan masyarakat dalam berkomunikasi dengan masyarakat lainnya. Namun ada pula masyarakat yang menginginkan telepon genggam bukan sebagai alat komunikasi saja tetapi sebagai gaya hidup. Telepon genggam dengan fasilitas internet bisa juga digunakan sebagai alat untuk menambah ilmu pengetahuan. Semakin canggihnya dunia komunikasi melalui telepon genggam, masyarakat sangat memerlukan biaya untuk berkomunikasi. Karena untuk berkomunikasi, telepon genggam memerlukan pulsa, baik pulsa yang berupa voucher ataupun elektrik. Sudah bisa dipastikan bahwa orang yang memiliki telepon genggam tidak dapat hidup tanpa pulsa.
Potensi Pasar
Penjualan pulsa elektrik ini memiliki peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Karena hampir semua orang telah memiliki telepon genggam. Bahkan ada yang memiliki lebih dari satu telepon genggam. Ada juga satu telepon genggam yang mempunyai fitur dua sim-card atau lebih dikenal dengan dual sim-card.
Bahan Baku
saldo pulsa, pulsa untuk operasional.
Teknologi
Alat dan utilitas yang dibutuhkan untuk menunjang usaha bisnis pulsa yakni buku catatan, telepon genggam, pulpen, dan rak etalase.
Tenaga Kerja
Pelayanan penjualan pulsa dapat dilakukan hanya dengan 1 orang operator.
Kebijakan Pemerintah
Untuk menghadapi pencurian pulsa melalui konten premium yang merugikan konsumen, Kementrian Komunikasi dan Informatika merevisi enam pasal peraturan menteri. Enam pasal yang diubah yaitu pasal 1, 3, 4, 14 17 dan 19. Revisi atas peraturan menteri komunikasi dan informasi N0.01/PER/M.KOMINFO/01/2009 tentang penyelenggaran jasa pesan premium dan pengirim jasa pesan singkat ke banyak tujuan juga memberikan tugas tambahan kepada Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia.

Analisa SWOT
Setiap bisnis memiliki kelebihan, kekurangan, peluang maupun ancaman masing-masing, karenanya perlu diidentifikasi serta dianalisis hal tersebut untuk meningkatkan kelebihan maupun menutup kekurangan yang dimiliki. Berikut analisis SWOT dari usaha pulsa.
Strengths
Produk pulsa elektrik ini tersedia untuk semua operator sehingga produk ini dapat digunakan semua kalangan. Produk pulsa elektrik ini tidak akan kadaluarsa meskipun tidak habis terjual dalam satu hari.
Weekness
Belum memiliki cukup pengalaman dalam memulai usaha pulsa elektrik. Terkadang cuaca dapat berpengaruh pada kondisi sinyal jika sedang melakukan pengiriman pulsa.
Oportunities
Banyaknya konsumen karena bisa dipastikan bahwa semua orang yang memiliki telepon genggam sangat membutuhkan pulsa. Pemasarannya bisa dibilang sangat mudah karena saya hidup di lingkungan yang padat penduduk dan hampir semua masyarakat di sekitar tempat tinggal saya memiliki telepon genggam.
Threats
Rendahnya kesadaran pembeli di kalangan mahasiswa/teman-teman kampus untuk membayar pulsa tepat waktu.

Selain ketiga usulan bisnis tersebut, kami juga mempertimbangkan 7 usulan bisnis lainnya, sebagai berikut:
1.         Bisnis hijab
Penggunaan hijab bagi muslimah merupakan suatu kewajiban yang harus dilakukan dan perintahnya telah terdapat dalam kitab suci Al Qur’an. Namun banyak muslimah yang enggan menuruti kewajiban ini dengan berbagai macam alasan, seperti gerah dan kuno, karena pada dasarnya wanita menyukai hal-hal yang modis, membuat penampilan menarik dan terlihat cantik. Oleh karena itu, bisnis hijab memiliki peluang yang bagus untuk menawarkan penutup aurat bagi muslimah, terutama bagian kepala, namun tetap terlihat menarik dan tidak gerah ketika dipakai. Hijab yang ditawarkan memiliki berbagai motif dan warna yang menarik, berbahan tipis namun tidak menerawang dan berukuran panjang agar bisa dikreasikan dengan berbagai macam model saat menggunakannya. Sasaran bisnis ini ditunjukkan untuk wanita muslimah, baik remaja maupun wanita dewasa. Pemasaran bisnis ini dapat dilakukan secara online melalui sosial media karena lebih praktis dan hampir setiap orang mempunyai sosial media, sehingga biaya promosi jauh lebih murah.
2.         Custom case handpone
Handphone merupakan alat komunikasi yang paling banyak diminati oleh sebagian besar masyarakat, karena lebih praktis dan fiturnya lebih lengkap dibanding alat komunikasi lain. Banyak pengguna handphone yang berusaha membuat handphonenya lebih menarik dan tetap terjaga dari goresan yang merusak body handphone tersebut. Oleh karena itu, case handphone berfungsi untuk menjaga body handphone dari goresan yang merusak tampilan dan membuat handphone yang umumnya hanya polos sesuai standar pabrik, menjadi lebih menarik. Terkadang case handphone yang dijual dipasaran terlalu umum dan tidak menarik bagi sebagian orang karena tidak sesuai dengan selera mereka. Usaha custom case handphone bertujuan untuk memberikan kebebasan bagi para pelanggan yang ingin membuat case handphone dengan motif yang mereka inginkan. Usaha ini dapat dijalankan secara online, sehingga lebih praktis dalam melakukan pemasaran usaha dan pelanggan tidak perlu repot datang mencari kami untuk memesan case handphone dengan motif yang mereka inginkan.
3.      Camilan kue kering
Dibandingkan menjual kue basah, bisnis kue kering lebih menguntungkan karena tidak cepat kadaluarsa. Camilan kue kering dapat menjadi suatu usaha bisnis terutama dilingkungan kampus. Gunadarma merupakan suatu kampus yang tidak memiliki kantin. Untuk mencari makanan yang dapat mengganjal perut disela-sela jam kuliah, mahasiswa harus naik-turun tangga terlebih dahulu untuk menghampiri pedagang makanan diluar kampus. Oleh karena itu, camilan kue kering menjadi solusi untuk ditawarkan pada mahasiswa. Selain itu, camilan kue kering juga dapat ditawarkan kepada masyarakat melalui sosial media.
4.      Usaha Florist
Bunga menjadi tanaman hidup yang saat ini banyak diperlukan untuk acara tertentu, bunga menjadi symbol keindahan yang bisa digunakan untuk mempercantik dan memperindah suatu ruangan agar semakin indah dipandang. Bunga juga bisa dijadikan sebagai rasa simpatik terhadap keluarga, rekan dan kerabat terdekat pada saat suka maupun duka yang mereka rasakan. Sehingga bisnis florist ini targetnya ialah semua jenis lapisan masyarakat yang memang memiliki acara tertentu misalnya saja acara penikahan, acara wisuda, acara seminar dan aneka jenis acara lainnya yang membuat tampilan ruangan atau tempat acara menjadi lebih menarik dan indah. Menjalankan bisnis florist ini memiliki beberapa keunggulan yaitu produk pada toko bunga ini memiliki bunga potong yang bisa di desain sendiri. Bunga segar pun akan lebih banyak diminati dibandingkan dengan bunga imitasi. Sehingga keuntungan dari bisnis florist ini bisa dijadikan peluang guna mendapatkan omset yang fantastis. Namun usaha florist juga sama dengan usaha lainnya yang memiliki kekurangan dibalik kelebihan yang dimiliki yaitu bunga hidup mudah layu dan tidak mampu bertahan lama. Sehingga untuk mengatasi hal tersebut butuh sekali cara supaya bisa menyiasati kesegaran bunga supaya bisa bertahan lama.
5.         Usaha Bubble Tea
Ice Bubble drink atau Minuman ice bubble yang terkenal di Taiwan sebagai Chincu naicha ini adalah minuman yang di lengkapi dengan Bubble yang terbuat dari biji biji tapioka ukuran kecil yang di campurkan dalam minuman Jus Buah, Es Tea, Sirup dan lainnya yang disajikan dengan cara di blender atau shake – kocok. Ice Bubble Drink atau Minuman ice bubble mulai muncul pertama kali di Taiwan pada tahun 1980an. Sekarang bisnis ice bubble drink sudah terkenal hingga seluruh dunia seperti Amerika, Canada, Australia, Eropa hingga Indonesia dengan banyak variasi rasa. Diberi nama bubble sebab minuman ini pembuatannya dengan cara dikocok atau diblender hingga tercipta busa busa di permukaannya, busa busa ini lah yang disebut bubble. Tetapi dikarenakan Bubble tapioca pearlsnya juga berbentuk gelembung bulat maka banyak orang mengartikan bubble sebagai tapioca pearlsnya, saat ini banyak juga Ice Bubble Drink yang di sajikan tanpa di blender.
Es Bubble Tea  ini banyak rasa dan dengan seiring perkembangan dunia Francise yang banyak diminatri para pelaku usaha franchiseEs Teh ini di campur dengan sirup perasa (flavoring), kemudian dikocok sampai terbentuk gelembung gelembung udara pada permukaan minuman tersebut, Nah dari cara ini lah maka orang sering menyebut sebagai Es Bubble Tea yang bahannya dari Teh dengan campuran sirup rasa-rasa.
6.         Usaha Bakso
Baso adalah salah satu makanan favorit terpopuler di Indonesia. Karenanya, sangat mudah ditemukan pedagang baso, dari desa hingga kota, mulai dari pedagang keliling, kaki lima, hingga restoran. Perputaran ekonomi bisnis baso bukan hal yang bisa dianggap remeh. Ratusan pedagang gerobak baso dalam satu kota mampu menghasilkan omzet ratusan milyaran rupiah per hari. Sebut saja, Jakarta yan memiliki tingkat kepadatan tinggi, seorang pedagang gerobak baso mampu menghasilkan omzet minimal tiga ratus ribu hingga jutaan rupiah setiap hari. Bakso bukan lagi sekadar makanan ala kaki lima. Hingga kini, bisnis bakso telah berkembang dan beralih menjadi bisnis restoran mewah di mal. Penyajian bakso pun beraneka ragam, mulai dari bakso aneka isi, bakso ala shabu-shabu, hingga bakso aneka varian. Sistem operasionalnya pun semakin modern dan banyak dikembangkan menjadi bisnis franchise atau kemitraan. Kenyataan inilah yang menandakan bahwa bisnis bakso terus berkembang dan tidak ada matinya. Ada beberapa alasan kemudahan dalam berbisnis bakso. Di antaranya sebagai berikut. Pertama, pangsa pasar besar dan berkembang karena penyajian bakso dapat dilakukan sebagai makanan jajanan dan melengkapi masakan lainnya. Kedua, mudah dilakukan, bisa dengan modal kecil, dan risiko yang kecil pula. Siapa pun hampir dapat mengelola bisnis bakso, sekalipun tanpa memiliki latar belakang pendidikan khusus. Ketiga, makanan favorit dan populer di Indonesia, sehingga memiliki konsumen yang jelas, mulai dari kalangan menengah hingga atas, baik anak-anak, dewasa, maupun orang tua.
7.         Usaha Jus Buah
Negara Indonesia merupakan Negara tropis yang tumbuh subur berbagai macam buah-buahan dan mempunyai dua musim yakni musim hujan dan musim panas. Ketika musim panas pada waktu siang hari seperti sekarang ini kerongkongan terasa haus. Untuk melepaskan dahaga sekaligus menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit seseorang bisa menikmati jus buah-buahan yang menyegarkan. Hal inilah yang memunculkan sebuah peluang usaha baru yakni bisnis minuman jus buah segar yang sangat menjanjikan dan menguntungkan. Gerai usaha yang menjual jus buah-buahan sangat mudah kita temui di berbagai sudut kota dan daerah di tanah air. Hal ini disebabkan bisnis minuman jus aneka buah segar sedang popular di kalangan masyarakat Indonesia dengan tingkat persaingan sangat tinggi. Di satu wilayah sangat mungkin dijumpai lebih dari lima outlet usaha jus buah-buahan seperti halnya di desa penulis. Usaha ini bisa dikerjakan secara rumahan maupun dikombinasikan dengan usaha lainnya seperti warung kelontongan, usaha kuliner. Gerai usaha jus buah-buahan termasuk peluang bisnis modal kecil dengan keuntungan lumayan besar. Usaha ini bisa dijalankan sebagai bisnis sampingan maupun utama serta sangat gampang dalam menjalankannya. Modal usaha untuk menjalankan usaha jus buah-buahan adalah gelas, gerobak, meja, kursi, gelas plastik kemasan, mesin blender, tutup gelas, mesin cup sealer, dan lain-lain. Sementara itu, jam buka usaha jus buah yang tepat bisa dimulai pada waktu siang hari atau pada saat udara sedang panas. Biasanya pada waktu cuaca panas orang yang terdiri dari segala kalangan umur akan datang berduyun-duyun ke gerai usaha jus buah untuk menikmati dinginnya minuman jus buah segar dan nikmat.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...